Peralatan dapur silikon beracun bila digunakan pada suhu tinggi?

- 2023-09-22-

Dengan meningkatnya kesadaran kesehatan masyarakat, semakin banyak orang mulai memperhatikan keamanan peralatan makan. Di dapur, peralatan dapur silikon lebih disukai karena tahan suhu tinggi dan mudah berubah bentuk. Namun, banyak orang yang ragu apakah peralatan dapur silikon aman pada suhu tinggi. Berikut ini akan diuraikan dari empat aspek, keamanan peralatan dapur silikon pada suhu tinggi dianalisis.


Pertama, komposisi dan sifat fisik silika gel. Silika gel adalah sejenis senyawa polidimetilsiloksan yang dibentuk oleh ikatan kovalen unsur golongan oksosilikon dan gugus fungsi organik. Ini memiliki karakteristik tahan panas suhu tinggi, fleksibilitas dan ketahanan lipat, isolasi, elektrolit dan biokompatibilitas. Titik leleh silika gel sekitar 200 °C atau lebih, serta mampu menahan panas hingga 300 °C, sehingga relatif aman digunakan dalam memasak. Namun, jika suhu silikon terlampaui, perubahan kimia dapat terjadi dan zat berbahaya dapat dihasilkan.


Kedua, proses produksi peralatan dapur silikon. Peralatan dapur silikon biasanya dibuat dengan proses pencetakan injeksi, dan bahan pembantu perlu ditambahkan dalam proses pembuatannya, seperti antioksidan, pemlastis, dll. Apakah bahan ini akan melepaskan zat beracun pada suhu tinggi adalah pertanyaan kuncinya. Penelitian menunjukkan bahwa silika gel biasanya harus berada di atas 300 ° C sebelum zat berbahaya dilepaskan, dan suhu memasak normal umumnya sekitar 100 ° C, sehingga penggunaan peralatan dapur silika gel relatif aman dalam kondisi normal.


Ketiga, penggunaan tindakan pencegahan dapur silikon. Saat menggunakan peralatan dapur silikon, beberapa tindakan pencegahan juga perlu kita patuhi. Pertama-tama, jangan terlalu panaskan peralatan dapur silikon agar ketahanannya terhadap suhu tinggi tidak terlampaui; Kedua, hindari penggunaan peralatan dapur silikon untuk memasak dengan suhu tinggi seperti menggoreng dalam waktu lama, agar tidak menghasilkan zat berbahaya; Sekali lagi, jangan biarkan peralatan dapur silikon bersentuhan langsung dengan api terbuka untuk mencegah produksi gas beracun; Terakhir, perlu dilakukan pemeriksaan rutin apakah permukaan peralatan dapur silikon tergores atau berubah bentuk, dan hindari penggunaan peralatan dapur silikon yang sudah tua.


Empat, inspeksi terkait dan sertifikasi peralatan dapur silikon. Untuk menjamin kualitas dan keamanan peralatan dapur silikon, departemen terkait melakukan inspeksi dan sertifikasi. Di Tiongkok, pengujian keamanan peralatan dapur silikon terutama dilakukan sesuai dengan standar wajib nasional, termasuk pengujian ketahanan suhu, ketahanan aus, ketahanan air, dan sebagainya. Di pasar internasional, impor peralatan dapur silikon biasanya harus lulus sertifikasi dari beberapa lembaga sertifikasi internasional, seperti FDA, LFGB dan sebagainya. Oleh karena itu, peralatan dapur silikon yang teruji dan bersertifikat relatif aman digunakan pada suhu tinggi.


Singkatnya, tidak ada jawaban yang jelas apakah peralatan dapur silikon beracun bila digunakan pada suhu tinggi, dan kuncinya terletak pada cara menggunakan dengan benar dan memilih peralatan dapur silikon yang berkualitas. Ikuti tindakan pencegahan, pilih peralatan dapur silikon bersertifikat, dan gunakan peralatan dapur silikon secara wajar, yang dapat meminimalkan pelepasan zat berbahaya dan memastikan keamanan pangan selama memasak.