Analisis Komposisi Silica Gel

- 2022-08-16-

Komponen utama silika gel adalah silikon dioksida. Silica gel memiliki stabilitas kimia yang baik, adsorpsi, merupakan zat amorf, dan tidak mudah terbakar. Silica gel mempunyai kegunaan yang luas dalam kehidupan sehari-hari.

Gel silika biasa dan gel silika medis sangat berbeda. Gel silika medis adalah bahan biologis yang banyak digunakan dalam bedah kosmetik. Saat ini yang paling banyak digunakan adalah karet silikon padat. Karet silikon memiliki biokompatibilitas yang baik dan tidak mengiritasi jaringan manusia. Tidak ada toksisitas, tidak ada reaksi alergi, sedikit penolakan tubuh. Ini adalah zat inert yang cukup stabil dengan sifat fisik dan kimia yang baik. Dapat menahan suhu tinggi dan dapat disterilkan. Mudah untuk diolah dan dibentuk, mudah untuk diolah dan diukir bentuknya, serta mudah digunakan.

Selama proses pencampuran, karena kohesi antarmolekul yang rendah dari karet silikon mentah, pengisi silika dengan penguatan tinggi dan ketahanan suhu tinggi menjadi bahan peracikan terpenting untuk karet silikon. Saat memilih bahan peracik lainnya, perlu mempertimbangkan persyaratan ketahanan suhu tinggi, dan tidak boleh menguap, terurai, berkarbonisasi, atau berubah warna. Untuk menjaga ketahanan panas dari karet silikon mentah, pengurangan ikatan silikon dihitung, dan serangan alkali dipatahkan. Saat pencampuran, perlu untuk mencegah masuknya asam dan alkali eksternal, dan untuk menghilangkan zat asam yang dihasilkan oleh penguraian zat vulkanisir peroksida pada waktunya.